Kamis, 27 Desember 2018

Makanan Khas Bali yang Halal Selain Ayam Betutu

Makanan Khas Bali yang Halal Selain Ayam Betutu




Bali selama ini terkenal sebagai destinasi wisata favorit para wisatawan dalam dan luar negeri. Selain terkenal karena keindahan alam dan aneka ragam budayanya, makanan khas Bali juga sangat populer. Pulau Dewata menyimpan berbagai makanan khas Bali yang lezat. Di antaranya yang sangat populer adalah ayam betutu dan babi guling.
Bali memang terkenal dengan aneka kuliner babi. Hal ini yang kerap membuat khawatir traveler muslim dalam memilih makanan ketika berlibur ke Pulau Dewata. Namun, bukan berarti Pulau 

Bali tak memiliki makanan khas yang tidak mengandung babi. Padahal jika jeli, masih banyak makanan khas Bali yang halal lho. Selain ayam betutu, ada banyak ragam kuliner yang aman disantap traveler muslim.

Makanan khas Bali yang halal tersebut bahkan sangat lezat dan masuk dalam daftar kuliner wajib kamu cicipi saat liburan ke Bali. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/12/2018), 14 makanan khas Bali yang halal  dan lezat selain ayam betutu.


Banyak makanan halal Bali yang wajib kamu coba


1. Sate lilit


Sate lilit merupakan makanan khas Bali yang sangat populer. Tidak seperti sate-sate pada umumnya, sate lilit dibuat dengan cara melilitkan daging cincang pada batang daun serai. Dibalur dengan bumbuh rempah khas Bali, sate lilit menawarkan rasa yang tiada duanya. Daging yang digunakan bukan hanya daging ayam, bisa daging babi atau ikan tenggiri. Untuk kamu yang mencari makanan khas Bali yang halal bisa memilih sate lilit daging ayam atau ikan tenggiri.


2. Nasi campur ayam Bali


Selain ayam betutu, makanan khas Bali yang wajib kamu cicipi adalah nasi campur ayam Bali. Sesuai dengan namanya, menu makanan khas Bali satu ini menyajikan berbagai macam lauk. Kamu bisa merasakan berbagai lauk yang disajikan sekaligus bersama dengan nasi, di antaranya adalah sate lilit, lawar ayam, suwiran ayam sisit. Semuanya terasa begitu lezat di lidah.


3. Lawar



Lawar merupakan teman setia segala lauk pauk khas Bali. Makanan khas Bali ini terbuat dari sayur-mayur seperti kacang panjang, nangka, dan parutan kelapa, lalu dicampur dengan bumbu khas Bali.

Lawar sendiri bermacam-macam. Untuk kamu yang mencari makanan khas Bali yang halal bisa memilih Lawar kuwir (berisi daging entog) atau lawar ayam. Pastikan untuk memilih lawar putih yang menggunakan dengan santan ya.





Rempah dan bumbu yang tajam menjadi khas kuliner Bali



4. Bebek Betutu


Kuliner ini berupa bebek utuh yang bagian perutnya diisi dengan berbagai macam bumbu rempah. Konon, bebek betutu adalah makanan favorit para raja di Bali. Teknik pengolahan makanan khas Bali ini cukup unik, yakni daging bebek yang telah dibumbui akan diberi pijatan-pijatan terlebih dulu supaya lebih empuk dan bumbunya meresap ke tulang. Setelah itu, dibungkus daun pisang atau daun pinang dan dipanggang.

Proses pematangannya memakan waktu sehari semalam menggunakan bara api sekam. Cita rasa yang dihadirkan, yaitu gurih dan pedas. Dulunya, makanan khas Bali ini hanya dihidangkan pada upacara keagamaan. Tapi, sekarang sudah menjadi menu wajib yang ada di restoran-restoran.


5. Nasi tepeng



Makanan khas Bali ini disajikan cukup lembek bahkan teksturnya mirip seperti bubur. Nasi tepeng ini dilengkapi dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Untuk lauknya sendiri ada suwiran ayam goreng dan telur. Rasanya semakin khas karena disajikan di atas daun pisang. Apalagi ditambah dengan siraman bumbu rempah-rempah ala Bali, menambah kelezatan nasi tepeng satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sluuurp! Akhir Pekan Paling Enak Santap 5 Bakso Hits di Bogor

Sluuurp! Akhir Pekan Paling Enak Santap 5 Bakso Hits di Bogor Jakarta - Bakso terbilang makanan yang cukup populer di Bogor. Beberapa k...