Jumat, 14 Desember 2018

15 Wisata Kuliner Palembang Ini Harus Masuk Dalam Agenda Perjalananmu!

5 Wisata Kuliner Palembang Ini Harus Masuk Dalam Agenda Perjalananmu!


Jika berbicara tentang kuliner kota Palembang, tentu saja yang terbayang adalah pempek palembang yang sudah terkenal di mana-mana. Padahal kota yang kaya akan masakan rempah ini memiliki banyak sekali kekayaan kuliner yang menunggu untuk dicipi. Dengan Sungai Musi mengalir di jantung kota, kebanyakan makanan khas Palembang berbahan dasar ikan dan udang. Walaupun begitu, masing-masing masakan memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri. Mau tahu apa saja makanan khas Palembang yang menarik di hati?

1. Pempek dan Lenggang Candy


Jika bicara tentang kuliner kota Palembang, pasti langsung teringat dengan pempek. Olahan ikan dan tepung kanji yang biasanya di sajikan setelah digoreng dengan kuah cuko yang berwarna gelap dengan rasa asam manis menyegarkan. Salah satu pempek yang paling terkenal di Palembang adalah Pempek Candy yang terkenal dengan pempeknya yang garing dan renyah di luar namun tetap empuk di dalam. Outletnya banyak tersebar di penjuru kota dan bahkan sampai di luar kota. Selain pempek, jangan lupa mencoba lenggang, pempek lenjer yang di goreng dengan telur bebek lalu dibakar.

2. Tekwan Lince

Tekwan adalah bakso khas kota Palembang. Biasanya berupa bakso ikan yang di sajikan dengan kuah bening, daun bawang dan mie putih. Biasanya tekwan juga dijual di resto-resto pempek sebagai salah satu pilihan menu. Salah satu resto favorit warga Palembang untuk menikmati tekwan adalah R.M. Pempek Lince. Kuah nya khas karena terbuat dari sari kepala udang, dan bakso ikannya pun empuk dan kenyal. Selain itu, pempek Lince juga terkenal unik karena setelah digoreng, pempek dibakar dulu sebelum disajikan.

3. Warung Aba


Makanan khas lainnya yang sering menjadi menu sarapan favorit warga setempat adalah Laksan dan Celimpungan. Keduanya terbuat dari bahan dasar ikan yang menyerupai adonan pempek, hanya saja disajikan dengan kuah kari kental yang menggugah selera. Yang paling terkenal adalah Warung Aba yang sudah berdiri dari tahun 1981. Kuah kari Warung Aba terkenal mantap dengan paduan rempah-rempah yang bikin lidah dan perut gembira pagi-pagi. Ada juga menu Burgo dan Lakso yang terbuat dari tepung beras dan juga siap disantap dengan kuah kari dan taburan bawang goreng.

4. Martabak HAR

Palembang juga punya menu martabak yang berbeda dengan martabak khas kota-kota lainnya. Walaupun bentuknya mirip dengan martabak pada umumnya dan berbahan kulit tipis renyah yang campuran telur dan daging, martabak palembang disantap dengan kuah kental. Martabak HAR adalah yang paling terkenal di kota jembatan Ampera ini. Penciptanya adalah Haji Abdul Rozak, yang sering disingkat menjadi HAR. Rasanya gurih renyah dengan kuah yang kental kaya rempah-rempah dengan beberapa potongan kentang. Pastinya sangat sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke kota Palembang.

5. Mie Celor 26

Menu sarapan khas kota Palembang lainnya adalah Mie Celor. Mie Celor berarti mie celup, yang memang sesuai dengan proses pembuatannya yang tidak di rebus melainkan di celup saja dalam kuali berisis air panas. Mie celor disajikan dengan kuah kaldu santan kental, tauge dan potongan telur rebus. Mie Celor yang terkenal di Palembang tentu saja Mie Celor 26 ilir Haji Syafe’i. Rasa kuahnya gurih dan beraroma khas karena terubat dari sari rebusan kepala udang besar. Mienya pun kenyal dan segar karena dibuat sendiri oleh pemiliknya. Sebaiknya segera nikmati hidangan ini hangat-hangat agar terasa benar-benar kesegaran bahan-bahan pilihannya.


Selamat mencicipi dan semoga makin mencintai kekayaan kuliner Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sluuurp! Akhir Pekan Paling Enak Santap 5 Bakso Hits di Bogor

Sluuurp! Akhir Pekan Paling Enak Santap 5 Bakso Hits di Bogor Jakarta - Bakso terbilang makanan yang cukup populer di Bogor. Beberapa k...