Jumat, 07 Desember 2018

Gurih Manis Mie Belitung yang Bikin Perut Hangat di Pagi Hari

Gurih Manis Mie Belitung yang Bikin Perut Hangat di Pagi Hari

Mampir ke Belitung tak lengkap tanpa cicip mie khasnya untuk sarapan. Ada paduan mie kuning, udang, dan emping dalam kuah yang manis gurih.

Masyarakat Belitung punya menu sarapan favorit berbahan mie. Namanya mie Belitung yang diracik dari mie kuning dan kaldu udang sebagai bahan utamanya.

Mie Belitung juga dilengkapi potongan kentang rebus, udang, bakwan udang, tauge, irisan timun serta lembaran emping yang renyah. Balutan kaldu udangnya istimewa karena ditambahkan banyak bumbu dapur.


Tak ketinggalan gula merah sehingga kaldu terasa manis dengan tekstur agak kental. Bagi pencinta non manis, bisa menambahkan sambal yang pedasnya nendang. 

Yang bikin unik, mie Belitung disajikan di piring beralas daun simpor. Daun lebar ini adalah sejenis daun jati yang mudah ditemui di Belitung.

Salah satu tempat populer menikmati mie Belitung adalah Wan Bie Bedulang di Jalan Sriwijaya, Tanjung Pandan. "Mie Belitung itu bahan utamanya mie kuning, gampang ditemui di pasar," ujar seorang pegawai rumah makan.


Seporsi mie Belitung di sini dihargai Rp 17.000. Paling enak menikmatinya bersama segelas air jeruk kunci hangat. Jeruk ini seukuran bola golf dengan ciri khas rasa asam kecut yang segar.

Selain mie Belitung, Wan Bie juga punya menu andalan nasi bedulang. Menu ini unik karena mengadaptasi tradisi bedulang khas Belitung.

Nasi disajikan bersama lauk pauk yang disusun di dalam tampah tertutup tudung saji. Menikmati nasi bedulang haruslah bersama-sama dengan orang paling tua bertugas membuka tudung saji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sluuurp! Akhir Pekan Paling Enak Santap 5 Bakso Hits di Bogor

Sluuurp! Akhir Pekan Paling Enak Santap 5 Bakso Hits di Bogor Jakarta - Bakso terbilang makanan yang cukup populer di Bogor. Beberapa k...