Selasa, 15 Januari 2019

Makanan Indonesia Asli yang Wajib Dicicipi Sekali Seumur Hidup

Makanan Indonesia Asli yang Wajib Dicicipi Sekali Seumur Hidup


__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________


Penggemar kuliner Indonesia memiliki daftar panjang pilihan makanan apa saja yang lezat dan wajib dicicipi, minimal sekali seumur hidup. Lihat daftarnya di sini!


Kamu penggemar wisata kuliner? Bagi sebagian orang, makanan mungkin sekadar makanan untuk mengisi perut yang lapar. Tapi, bagi banyak orang yang lain, makanan adalah salah satu karya kuliner yang layak diapresiasi lebih. Dalam setiap sajian makanan termasuk kuliner Indonesia, ada cerita panjang perjalanan sebuah makanan hingga menjadi sebuah sajian yang khas dan hidup di tengah masyarakat.

Setiap makanan memiliki sejarah panjang yang merepresentasikan berbagai unsur, mulai unsur budaya masyarakat setempat, unsur sejarah, sampai kepercayaan atau mitos-mitos. Seni kuliner pun pada akhirnya bukan sekadar tentang makanan enak atau makanan kurang enak. Lebih dari itu, kuliner juga tentang memahami budaya dan sejarah tertentu melalui sajian makanan.
Kamu juga bisa lebih memahami dan mencintai Indonesia dengan mengeksplorasi kuliner Indonesia. Indonesia adalah negeri yang sangat kaya dengan suku bangsa, bahasa dan budaya dan kekayaan kuliner yang luar biasa.
Indonesia memiliki tradisi kuliner terkaya di dunia yang memiliki ciri khas rasa yang kuat. Kekayaan jenis makanan Indonesia mencerminkan keragaman budaya dan tradisi nusantara. Sebagai negeri kepulauan dengan belasan ribu pulau dan sekitar 6.000 pulau berpenghuni, kita bisa menemukan berbagai ragam kuliner tradisional Indonesia yang luar biasa.
Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu dan memiliki rasa rempah yang kuat. Misalnya, kemiri, cabai, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa, dan lain sebagianya.
Kuliner Indonesia merepresentasikan kekayaan budaya Indonesia dan daerah-daerah pelosok. Setiap jenis makanan Indonesia memiliki sejarah masing-masing yang menarik untuk kamu simak. Dengan begitu, saat kamu tengah menikmati makanan khas daerah tertentu di Indonesia, kamu tidak lagi sekadar memakan makanan secara harfiah. Tapi juga menikmati sepenggal sejarah yang memperkaya wawasan kamu.

Masa depan makanan tradisional di Indonesia



Seiring perkembangan zaman dan tipisnya batas antar negara, serbuan budaya kuliner luar juga tak kalah masif. Kamu tentu ingat ketika masyarakat “terserang” fastfood ala Barat. Sebut saja seperti ayam goreng tepung, burger, pasta-pasta-an, pizza, pastry keju, kebab, sandwich, hotdog, dan sebagainya.
Masyarakat Indonesia yang sudah lama dikenal doyan makan, menyambut gegap gempita serbuan kuliner luar ini. Produk ayam goreng tepung laris manis, begitu juga burger dan berbagai jenis fastfood lain. Bahkan pada gilirannya, makanan khas dari luar itu berakulturasi dengan kuliner Indonesia asli.
Contohnya, kini marak penjualan ayam tepung yang dilengkapi dengan sambal geprek. Kita tahu sambal adalah ciri khas kuliner Indonesia yang sangat digemari. Lahir pula banyak inovasi lain seperti burger rasa rendang, kebab dengan bumbu modifikasi agar lebih cocok dengan lidah Indonesia, dan lain sebagainya.
Tapi, bagaimana dengan kuliner khas Indonesia asli yang lain? Memang tidak sedikit makanan-makanan daerah yang terancam punah karena semakin jarang yang melestarikan. Misalnya, Bassang dari Makassar, Kidu makanan khas Suku Karo, Grontol Jagung khas Jawa Tengah, Wedang Tahu, Clorot, Semanggi Surabaya, dan lain sebagainya.
Namun, banyak pula makanan khas Indonesia yang masih bertahan hingga kini bahkan digemari hingga di luar negeri. Paling tidak ada 5 jenis kuliner Indonesia asli yang wajib kamu cicipi, minimal sekali sebelum mati! Apa saja itu? Yuk, kita coba telusuri:

1. Nasi Jamblang, Cirebon



Nasi Jamblang atau sega jamblang adalah makanan khas dari Cirebon, Jawa Barat. Berasal dari desa Jamblang, namun tidak ada hubungannya dengan pohon atau buah jamblang.
Nasi Jamblang terdiri atas nasi putih, sambal goreng, tahu sayur, paru-paru, semur hati atau daging, perkedel, telur dadar, sate kentang, telur masak sambal goreng, semur ikan, tempe.
Salah satu kuliner asli Indonesia ini awalnya diperuntukkan bagi para pekerja paksa zaman Belanda yang sedang membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melewati Kabupaten Cirebon. Yang unik, makanan daerah ini disediakan dengan bungkus daun jati sehingga aromanya jauh lebih tahan lama. Nasi jamblang menjadi salah satu kuliner Indonesia yang wajib kamu cicipi, minimal sekali seumur hidup.

2. Nasi Kapau, Agam, Sumatra Barat



Nasi Kapau adalah nasi rames khas Kapau, Tilatang, Agam, Sumatra Barat. Kuliner daerah ini terdiri atas nasi putih, sambal, gulai sayur atau cubadak, gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cangcang (tulang dan daging kerbau), gulau babek (babat). Ciri khas nasi Kapau adalah gulai nangka.
Gulai nangka dimasak dengan santan yang cenderung encer, lengkap dengan kacang panjang, kol, rebung, jengkol, pakis. Gulai usus (gulai tambunsu) campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke usus sapi, gulai ikan, gulai tunjang, ayam panggang, teri balado, tongkol balado, dendeng balado, goreng belut, dan sambal lado hijau.
Lauk nasi Kapau lainnya berupa ayam goreng, ayam goreng hijau gulai ayam, rendang ayam, rendang daging. Beras nasi kapau harus bermutu tinggi, umumnya dikirim dari Bukittinggi dan Agam.

3. Nasi Liwet, Solo



Nasi liwet adalah salah satu kuliner nusantara yang berasal dari Solo, kota asal Presiden Jokowi. Nasi liwet memiliki tekstur yang agak pulen dan memiliki rasa gurih yang berasal dari santan kelapa.
Nasi liwet dimasak dengan cara yang masih tradisional yaitu wajan tanah liat dengan pembakaran dari kayu bakar. Nasi liwet dimasak dengan santan sampai setengah matang lalu dikukus sampai matang seperti masak nasi pada umumnya.
Nasi liwet biasa disajikan dengan opor ayam, telur pindang, ayam dan sayur labu siam. Tersaji dalam bungkus daun pisang hingga aromanya sedap alami.

4. Nasi Krawu, Gresik, Jawa Timur



Nasi Krawu adalah salah satu kuliner Indonesia asli yang wajib kamu cicipi paling tidak sekali seumur hidup, Moneysavers.
Nama Nasi Krawu sendiri berasal dari istilah krawuk, yang dalam istilah masyarakat Gresik berarti “mengambil sembarang dengan menggunakan tangan”. Karena kebanyakan penjual menyajikan dan menyiapkan menunya memakai tangan.
Nasi krawu ini berasal dari Gresik, Jawa Timur. Terdiri atas nasi putih pulen dengan lauk daging sapi yang dimasak sedemikian rupa sehingga cita rasanya gurih dan khas. Selain itu, nasi krawu juga dilengkapi dengan tiga jenis serundeng, yaitu kelapa sangrai.
Serundeng kuning bercita rasa manis, serundeng merah rasanya pedas dan serundeng hitam atau poyah yang gurih dengan bumbu kluwak. Kekhasan nasi krawu yang membikin makanan ini sulit dilupakan adalah sambal terasinya yang pedas.
Nasi krawu biasa disajikan di atas daun pisang dan akan lebih nikmat dimakan memakai tangan langsung. Cara makannya, dicampur agar nasi putih bercampur dulu dengan serundeng serta sambal.

5. Nasi Gudeg, Yogyakarta



Gudeg adalah makanan khas asal Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda dimasak dengan santan. Butuh waktu berjam-jam mengolah gudeg. Warna coklat dari gudeg diperoleh dari daun jati yang dimasak bersamaan.
Gudeg disajikan dengan nasi putih, ditambah santan kental atau areh, ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.
Ada banyak varian gudeg yang perlu kamu coba, yaitu gudeg kering (gudeg disajikan dengan areh kental, yang lebih kental daripada santan pada masakan padang), gudeg basah yang disajikan dengan areh encer lalu ada juga Gudeg Solo yang arehnya berwarna putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sluuurp! Akhir Pekan Paling Enak Santap 5 Bakso Hits di Bogor

Sluuurp! Akhir Pekan Paling Enak Santap 5 Bakso Hits di Bogor Jakarta - Bakso terbilang makanan yang cukup populer di Bogor. Beberapa k...