Senin, 11 Maret 2019

Kuliner Malam Jumat: Berawal dari Mimpi Makan Dimsum Halal dan Terjangkau


Kuliner Malam Jumat: Berawal dari Mimpi Makan Dimsum Halal dan Terjangkau


Jakarta - Waktu telah menunjukkan pukul 20.00 WIB ketika orang-orang perlahan datang dan mencari tempat duduk di salah satu kedai dimsum di kawasan wisata kuliner hits, Bendungan Hilir, Jakarta. Ada yang datang dengan pasangan dan ada pula bergerombol bersama teman-teman.

Mereka antusias melihat pilihan sajian di daftar menu yang berlatar merah di kedai bernama Dimsum Benhil. Buka sejak April 2017, kedai ini terletak di Jalan Bendungan Hilir No. 76, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat

"Alasannya kenapa dimsum adalah kita pengen menyediakan dimsum yang rasanya enak, berkualitas, tapi mudah dijangkau oleh semua orang. Karena saya tahu dimsum itu didapatnya di mal, restoran mahal yang notabene nggak semua orang bisa jangkau," kata Deandra Nadira.




Pastikan Kehalalan


Dimsum menjadi salah satu jenis makanan yang telah akrab di masyarakat Indonesia khususnya. Di balik itu, banyak pula yang mempertanyakan perihal sisi halalnya. Dimsum Benhil memastikan dimsum yang mereka sajikan halal.

"Pertama-tama buka, banyak yang tanya ini dimsum halal atau nggak. Kita pasti menjelaskan yang menjual Dimsum Benhil ini Muslim juga dan kita menyadari orang-orang bukan curiga tapi takut sendiri soal dimsum," tutur Dea.

Ia juga mengungkapkan sebenarnya dimsum mudah diketahui itu halal atau tidak. "Apalagi sama orang-orang yang biasa makan halal, sekalinya dihadapkan dengan makanan non-halal harusnya insting orang itu jelas dan berasa," tambahnya.

Menurut Dea yang telah menggeluti bisnis dimsum sejak dua tahun lalu ini, dimsum yang tidak halal belum tentu dari isi tetapi ornamen-ornamen sajiannya. Biasanya, dimsum tak halal diberi minyak babi di atasnya untuk memberi aroma yang lebih menggoda selera.

"Di sini kita ganti pakai minyak wijen. Khasnya makanan China, Shumai itu pakai daging babi. Kalau di sini pakai ayam kebanyakan," tuturnya.

"Orang jarang yang bisa membedakan minyak wijen sama minyak babi, padahal kalau dicobain itu totally beda dari bau dan rasanya. Orang-orang yang takut sama makanan non-halal karena simply kurang tahu aja," kata Dea lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sluuurp! Akhir Pekan Paling Enak Santap 5 Bakso Hits di Bogor

Sluuurp! Akhir Pekan Paling Enak Santap 5 Bakso Hits di Bogor Jakarta - Bakso terbilang makanan yang cukup populer di Bogor. Beberapa k...