Senin, 04 Februari 2019

Sambut Imlek Ada Sate Entok Bumbu Buah Naga Merah di Banjarnegara

Sambut Imlek Ada Sate Entok Bumbu Buah Naga Merah di Banjarnegara



Banjarnegara - Jelang perayaan hari raya Imlek, rumah makan di Desa Mantrianom, Kecamatan Bawang ini menyajikan menu unik. Sate entok berbumbu buah naga nega segar. Nyuus!

Entok atau menthok adalah unggas persilangan angsa dan itik. dikenal punya daging yang tebal. Masakan dengan daging entok ini memang tidak sepopuler ayam, sapi atau kambing. Namun rupanya, daging entok ini enak dan gurih saat dibikin sate. 

Seperti dibuat sate dan disajikan dengan bumbu buah naga hingga rasanya lebih segar. Warna sate pun menjadi kemerah-merahan namun, rasa gurih bumbu sate tetap terasa. 



Pemilik warung sate entok, Aas mengatakan, kreasi menu ini awalnya ditemukan pada perayaan Imlek tahun lalu. Setelah dibakar, rasa daging sate tersebut menjadi lebih segar enak. 

"Karena ada pembeli yang lebih suka aroma segar, jadi dengan bumbu buah naga aromanya menjadi tidak begitu menyengat," ungkapnya di warung sate yang berada di jalan nasional Semarang - Purwokerto di Desa Mantrianom, Minggu (3/2/2019). 

Cara pembuatannya hampir sama dengan membakar sate pada umumnya. Hanya, usai disiram dengan bumbu sate, kemudian ditambah dengan buah naga yang sudah dihaluskan. 

"Setelah diberikan bumbu sate dan buah naga, sate daging entok ini kemudian dipanggang di atas bara api," ujarnya. 



Bagi yang ingin sensasi lebih dari buah naga, Aas biasanya memasak nasi dengan dicampuri buah naga. Untuk rasa tidak terlalu berubah, hanya tampilan warna menjadi merah. 

"Rasanya tidak begitu berubah, tetapi nasinya menjadi merah jadi bentuknya lebih bagus. Untuk satu posrinya, kami jual dengan Rp 30 ribu," terangnya. 



Winarno, pembeli sate menuturkan rasa sate entok buah naga ini lebih segar. Sehingga rasa sate di tenggorokan tidak terlalu menyengat. "Kalau ada yang tidak suka sate karena aromanya, menu ini cocok karena lebih segar," tuturnya. 

Buah naga merupakan jenis buah yang banyak diburu saat imlek. Terutama buah naga merah. Karena bentuknya mirip naga dan berwarna merah, buah ini menyimbolkan keberuntungan dan kemakmuran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sluuurp! Akhir Pekan Paling Enak Santap 5 Bakso Hits di Bogor

Sluuurp! Akhir Pekan Paling Enak Santap 5 Bakso Hits di Bogor Jakarta - Bakso terbilang makanan yang cukup populer di Bogor. Beberapa k...