Jumat, 22 Februari 2019

Soto dari Luar Pulau Jawa Ini Rasanya Juga Nikmat

Soto dari Luar Pulau Jawa Ini Rasanya Juga Nikmat



Jakarta - Kebanyakan soto berasal dari Jawa, padahal ada banyak soto nikmat dari luar pulau Jawa. Lima soto ini, misalnya, terbukti tak kalah populer.

Menyebut soto sering kali orang hanya terbayang soto Lamongan, Kudus, atau soto Betawi. Soto-soto dari pulau Jawa itu memang terkenal enak, tetapi sebenarnya ada soto dari luar pulau Jawa yang tak kalah populer dan nikmat. 


1. Soto Padang


Bukan hanya sate, Padang juga punya soto enak. Racikan soto Padang terdiri dari daging sapi goreng kering, suun, dan perkedel kentang. Kuahnya bening dengan penggunaan banyak rempah hingga memunculkan aroma dan rasa gurih alami.

Pelengkap soto Padang adalah sambal merah plus kerupuk pink atau kerupuk kulit. Di Jakarta, racikan soto Padang enak dan legendaris ada di kawasan Pasar Baru. Namanya Soto Padang Mangkuto yang harganya Rp 38.000 per porsi.


2. Soto Medan


Masih dari pulau Sumatera, ada soto Medan yang wajib dicicip pencinta soto. Isian primadonanya udang, meski bisa juga berisi suwiran ayam, daging, atau jeroan. Kuah soto Medan juga terkenal lebih kental.

Kuahnya diracik dari beragam rempah seperti jintan, bawang putih, dan ketumbar. Penambahan santan membuat kuah soto Medan makin gurih, kental, dan enak. Soto Medan paling enak dinikmati bersama emping, perkedel dan nasi hangat.


3. Soto Banjar


Soto Banjar merupakan menu khas Banjarmasin yang wajib dicicip. Kuahnya kaya rempah dengan paduan kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Kuahnya bisa bening atau keruh karena ditambahkan susu.

Soal isian, soto Banjar berisi suwiran ayam, perkedel kentang, telur bebek rebus, dan ketupat. Bisa juga dimakan dengan nasi hangat. Salah satu tempat menikmati soto Banjar enak di Jakarta adalah buatan Soto Banjar Nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sluuurp! Akhir Pekan Paling Enak Santap 5 Bakso Hits di Bogor

Sluuurp! Akhir Pekan Paling Enak Santap 5 Bakso Hits di Bogor Jakarta - Bakso terbilang makanan yang cukup populer di Bogor. Beberapa k...